Home » , , » Cara memasukan tulisan arab pada Photoshop

Cara memasukan tulisan arab pada Photoshop

Selamat pagi sobat KK2013. Masih pada kuatkan puasanya.

Pada kesempatan kali ini ane akan share Tutorial Photosop lagi nih. Setelah pada kesempatan yang lalu ane share Cara Membuat Kartu Ucapan selamat Hari Raya, pada kesempatan kali ini ane akan share Cara memasukan tulisan arab pada photoshop.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama, bahwa photoshop itu tidak dukung tulisan arab. Terus bagaimana jika kita ingin memasukan tulisan arab kedalam gambar atau photo? Nah pada tutorial photoshop kali ini ane akan coba membahasnya.
 Cara memasukan tulisan arab pada Photoshop
Sebenarnya ada banyak cara memasukan tulisan arab pada photoshop itu, diantaranya adalah sebagai berikut;


Brushes Photoshop – Brushes KaligrafiIni adalah cara yang paling mudah, sobat tinggal buka gambar yang akan dikasih tulisan arab, kemudian tinggal diklik brushes tool dan pilih tulisan arab yang ingin sobat masukan. Tetapi sebelumnya sobat harus terlebih dahulu memasang Brushes photoshop tulisan arabnya. Jika sobat belum memiliki koleksi brushes photoshop kaligrafi atau tulisan arab, silahkan bisa dilihat-lihat di sini, siapa tahu ada yang cocok => Koleksi Brushes Photoshop


Kekurangan dari cara ini adalah, sobat hanya bisa memasang tulisan arab yang sudah tersedia. Dan tidak bisa sesuai keinginan kita.


Cara yang inipun terbilang mudah, sobat hanya butuh font kaligrafi *jika belum punya silahkan bisa di cek di sini => Koleksi Font Kaligrafi
Download Font Kaligrafi 1
Setelah font kaligrafi sobat pasang, maka sobat tinggal membuka gambar yang akan di beri tulisan arab dengan photoshop, kemudian tinggal filih Font kaligrafi yang sobat suka, dan silahkan klik seperti mengetik biasa di photoshop. Tulisan arabpun muncul.

Kelemahan inipun sama ama yang di atas, kita tidak bisa mengekspresikan secara bebas, karena tulisannya terbatas.


Nah cara yang ini agak sedikit panjang, tapi hasilnya cukup memuaskan, karena sobat bisa mengetik tulisan arab sesuai keinginan sobat.

Yang perlu di persiapkan adalah.
Ms Word yang sudah dukung teks arab dan Software converter docx to pdf. *kalau ane pake Doro Pdf Writer

Caranya adalah sebagai berikut.
1.      Ketik tulisan arab yang sobat kehendaki. Usahakan size fontnya gede dan warna item, supaya mudah di edit di photoshopnya.
 Cara memasukan tulisan arab pada Photoshop
Keterangan ; jenis font diwani dengan tulisan bismillah. Jika sobat ingin menulis tulisan yang lain silahkan diketik sekalian, dengan dikasih jarak supaya gampang di potong di photoshop. Jika sobat ingin memasukan ayat-ayat quran ke dalam ms word, silahkan gunakan cara ini > Cara cepat memasukan ayat quran ke dalam Ms Word

2.      Setelah semua tulisan selesai diketik dan diatur, sekarang tinggal convert ke pdf.

3.      Buka document pdf tadi dengan photoshop, dan tulisan bismilah pun siap untuk dimasukan kedalam gambar sobat.

Tutorial lengkap cara yang ketiga ini ada di => Cara memasukan tulisan arab dari word ke Photoshop.

Gimana...? Gampang kan. O...iya. Jika sobat ingin menggunakan tulisan yang sobat buat tadi di kemudian hari, ane saranin tulisan-tulisan itu dijadikan BrushesPhotoshop, supaya lebih mempermudah sobat. Tutorial cara membuat brushes photoshop ada di sini > Cara membuat brushes Photoshop

Nah, segitu duluyah. Semoga sukses. Tunggu tutorial photoshop berikutnya. See you
Jika sobat merasa Artikel Cara memasukan tulisan arab pada Photoshop ini Bermanfaat, silahkan bagikan kembali kepada rekan-rekan, karib kerabat atau siapa saja dengan mengklik Icon di bawah ini sebagai tanda trima kasih!. Semoga semakin banyak orang yang tahu Cara memasukan tulisan arab pada Photoshop

5 Comments:

  1. pengen belajar ngedit yang arab tapi g tau Doro Pdf Writer bro
    ga punya sofwer'a

    bisa minta kah? thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak di google sob, gratis kok.
      kalau gak mau ribet nih ane kasih linknya => Download Doro Pdf Writer
      semoga membantu dan bermanfaat

      Delete
    2. Makasih bro hehe sangt brmnfa'at

      buat aq yg pemula, ne pengen nyoba
      biar hasil'a ancur jg yg penting karya sndri xixixi

      ad tutor cara dari memasukan text arab nya ke Doro Pdf Writer nggo bro
      oya bro bisa minta tutor gambar'a ga

      misal kita udh kopas Ayat Alqur'an di Ms Word
      lalu bagai mana cara menyimpan dan meng confert'a ke Doro Pdf Writer

      mohon bimbingan'a bro maklum awam banget

      maksih

      Delete
    3. mas +hampa tanparasa, mangga tutorialnya ada di sini (Publish 23 Oktober)
      semoga bermanfaat.

      Delete
  2. Thanks ya sob udah share , blog ini sangat bermanfaat sekali ..............





    agen tiket murah

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkomentar dengan sopan.

Salam
Ibnu Syamsun