Cara merubah word ke pdf

Selamat Pagi Sobatkk2013, terkhusus kepada +hampa tanparasa yang me-request tutorial ini.

Yah, pada tutorial  kali ini ane akan membahas Caramemasukan tulisan arab pada photoshop (part 2).  Yang sebelumnya ane pernah share 3 caramemasukan tulisan arab pada photoshop, namun cara yang ketiga ane hanya membahasnya alakadar saja.

Nah pada kesempatan kali ini ane akan bahas cara yang ketiga itu disertai gambar step by step, sesuai request dari mas  +hampa tanparasa bagi sobat yang lain yang mau request, mangga di tulis dikomentar. Kalau ane bisa, tar ane publish di sini.

Sebenarnya tutorial ini lebih pas, jika dikasih judul Cara merubah file ms word ke Pdf. Yang teknik ini biasa digunakan untuk membuat Sebuah Ebook. Dan salah satu manfaat dari file pdf adalah, bisa dibuka dengan photoshop. Makanya muncullah ide untuk memasukan tulisan arab kedalam photoshop ini.

Baiklah tanpa perlu dikasih pendahuluan, karena pendahuluannya sudah ane bikin, di caramemasukan tulisan arab pada photoshop (part 1). Lanjut ke TeKaPe…

Software-software yang diperlukan untuk tutorial kali ini adalah:
1.      Microsoft word mendukung teks Arabic
2.      Adobe Photoshop
3.      Doro Pdf Writer

Nomor 1-2 sobat pasti sudah pada punya donk. Yang nomer tiga bagi yang tidak punya silahkan klik di => Download Doro Pdf Writer.

Nah setelah software-software yang diperlukan sudah terinstal, sekarang kita mulai pelajaran kita kali ini.

1.      Silahkan ketik tulisan arab yang sobat kehendaki, misalnya ane tulis lafadz Bismillahirahmanirahim dengan jenis font AGA Granada Regular, maka hasilnya akan seperti ini.
Cara merubah word ke pdf
Gambar 01
Perhatikan, yang ane lingkari merah, harus dalam keadaan AR/ Arabic.

2.      Setelah selesai mengetiknya, sekarang klik Ctrl+P untuk mengeprint. Sehingga muncul kotak seperti ini.
Cara merubah word ke pdf
Gambar 02

3.      Setelah di klik oke maka akan mulcul kotak seperti ini.
Cara merubah word ke pdf
Gambar 03
Klik gambar titik tiga yang ane lingkari merah untuk mengganti nama file dan lokasi tempat penyimpanan file. Kemudian klik Create

4.      Setelah itu, buka file pdf yang tadi sobat buat dengan menggunakan photoshop. Caranya, Klik kanan > open with > Adobe Photoshop. Sehingga akan tampil seperti gambar berikut ini:
Cara merubah word ke pdf
Gambar 04

5.      Setelah di klik Ok, tulisan Bismillah, sudah berhasil berpindah ke Photoshop, dan untuk selebihnya silahkan edit sesuai selera masing-masing, mau diapain itu tulisan Bismillah.

Bagaimana Gampangkan…? Selamat mencoba, dan semoga success.
Sampai jumpa lagi pada tutorial photoshop berikutnya.

Comments

  1. mau tanya kk, saya mo rubah image ke pdf, gimana y caranya agar tdk merubah ukuran img, jadi original size, soalnya mau buat komik. mhon bantuannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau pake photoshop tinggal di save as aja.
      dari menu file > save as kemudian pilih format .Pdf.
      untuk mengenali format-format file dalam photoshop klik di Format file dan kegunaannya

      kalau gambarnya ada di ms word, bisa dipake cara yang diatas.
      perhatikan Gambar 02.
      klik Properti > Advanced > Rubah Papaer size sesuai keinginan

      Delete
    2. oyah, kalau komiknya mau di bukukan atau dicetak, silahkan lihat Cara membuat cover buku
      Semoga Sukses.

      Delete
  2. gan saya sudah bisa confert dari word ke pdf

    tapi gambar dan tulisan nya kok jadi pecah saat di zoom... gimna ya biar ga pecah tolong pencerahan nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. waktu bikin tulisan di ms wordnya yang gede sob.
      kalau sudah, coba perhatikan gambar 04 diatas.
      disitu ada tulisan Resolution isi dengan angka 300 atau lebih juga boleh. semakin besar resolutionnya semakin besar gambar yang dihasilkannya.
      semoga membantu

      Delete

Post a Comment

Terimakasih telah berkomentar dengan sopan.

Salam
Ibnu Syamsun