Home » , , » Cara Seleksi Gambar Pada Photoshop

Cara Seleksi Gambar Pada Photoshop

Selamat pagi sobat KK2013. To the point aja yah.

Setelah kemaren kita mempelajari Perintah Dasar Pada Teknik Seleksi, sekarang kita mulai membahas Caramenyeleksi pada gambar dan tools yang digunakannya.

Pada dasarnya ada dua cara melakukan seleksi gambar pada photoshop ini, yang pertama adalah seleksi gambar berdasarkan bentuk, dan yang kedua adalah seleksi gambar berdasarkan warna.


Dari judulnya saja sudah sangat jelas, teknik seleksi ini disesuaikan dengan bentuk gambar yang akan di-seleksi, adapun tools (alat-alat) yang bisa digunakan adalah seperti gambar dibawah ini;
Cara Seleksi Gambar Pada Photoshop
Yang perlu diperhatikan adalah, ketika sobat memilih alat seleksi, maka option bar pun akan berubah. Tampilannya seperti gambar diatas.

1.      New selection  : Untuk menyeleksi baru
2.      Add to selection : menambahkan seleksi yang ada dengan yang baru
3.      Subtract from selection : mengurangi seleksi yang ada dengan seleksi yang baru
4.      Interest with selection : mengambil selisih yang ada dengan seleksi yang baru

Kalau diterangin agak sulit nih,… mendingan sobat prakteikin aja sendiri, biar tahu apa perbedaannya, dasarnya kaya gitu.

Eh lupa, caranya menyeleksi belum dikasih tahu… Hehe… Peace.
Caranya sobat tinggal pilih tool yang akan dipake, trus klik kiri di tempat yang akan di-seleksi sambil ditahan lalu lepas.


Seleksi gambar berdasarkan warna ini dikenal dengan metode procedural. Tool yang bisa digunakan adalah quick selection tool dan magic wand tool.

Kedua tools ini digunakan untuk seleksi daerah yang warnanya sama. Caranya sangat gampang banget, persis tongkat sihirnya Harry potter. Tinggal di klik pada gambar yang akan diselskei, maka terbentuklah seleksi. Untuk contoh lihat gambar dibawah ini:
Cara Seleksi Gambar Pada Photoshop
Contoh gambar yang di seleksi dengan magic wind tool.

Nah… segitu aja yah. Silahkan kembangkan sendiri, supaya otaknya tidak dibiasakan manja. Selamat belajar Photoshop.


Sampai jumpa lagi di tutorial photoshop berikutnya.
Jika sobat merasa Artikel Cara Seleksi Gambar Pada Photoshop ini Bermanfaat, silahkan bagikan kembali kepada rekan-rekan, karib kerabat atau siapa saja dengan mengklik Icon di bawah ini sebagai tanda trima kasih!. Semoga semakin banyak orang yang tahu Cara Seleksi Gambar Pada Photoshop

2 Comments:

  1. Adobe Photoshop CS6 di
    www.gampang-gratis.blogspot.com
    bisa digunakan dan link download-nya masih bagus.
    Salam & terima kasih.

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkomentar dengan sopan.

Salam
Ibnu Syamsun